Cara Membuat Website dengan Wordpress (WWP) | Plus Cara Detail Mendatangkan Pengunjung

Rabu, 06 Juli 2011

Sejarah Huruf MZ di Belakang Nama KH Zainuddin



JAKARTA - Kiai kondang KH Zainuddin MZ kini telah tiada. Tak banyak yang tahu nama aslinya adalah Zainuddin Hamidi, bukan Zainuddin MZ. Lantas bagaimana cerita awal Zainuddin memakai huruf MZ di belakang namanya?

Banyak orang menilai huruf MZ adalah kepanjangan Muhammad Zein, tapi hal itu dibantah oleh anak pertama almarhum, Fikri Haikal.


"Singkatan MZ itu adalah nama orangtua beliau. Nama Engkong, Turmuzi, kalau di Betawi dipanggil Mizi. Nah kalau nama Nyai, Zainabun. Jadi disambung jadi MZ," ujarnya di rumah duka, Rabu (6/7/2011).

Fikri menambahkan, nama asli KH Zainuddin MZ adalah Zainuddin Hamidi. “Di akta kelahiran, nama beliau Zainuddin Hamidi dan nama MZ dari beliau sekolah sudah dipakai," tambahnya.

Namun, Fikri sangat bangga terhadap orangtuanya yang memakai nama kakek dan neneknya di akhir namannya. "Bukti kecintaan beliau terhadap orangtua, pengambilan nama MZ (Mizi dan Zainabun) penghormatan beliau terhadap orangtua," tandasnya.

KH Zainuddin MZ tutup usia 60 tahun. Lahir di Jakarta sebagai anak tunggal, buah cinta pasangan Turmudzi dan Zainabun dari keluarga Betawi asli. Masyarakat mulai mengenal ceramah-ceramahnya melalui kaset yang didengar berbagai lapisan masyarakat. Kebiasaannya membanyol dan mendongeng sejak kecil terus berkembang hingga mengantarkannya menjadi Dai Sejuta Umat.

Sejak kecil Zainudin sering berpidato saat masuk Madrasah Tsanawiyah hingga tamat Aliyah di Darul Ma’arif, Jakarta.

Zainuddin sempat berkecimpung di dunia politik pada 1977. Dia pernah bergabung di PPP. Kemudian juga pernah menjadi Ketua Umum Partai Bintang Reformasi, kemudian di Gerindra. Alumni IAIN Sarif Hidayatullah itu menyandang gelar doktor honoris causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia.
(sumber : okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar